Sabtu, 19 November 2016

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN


PROPOSAL BISNIS "MAKARONI PEDAS"

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyaraka di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Seorang wirausahawan harus pandai dalam melihat peluang yang berada di lingkungan sekitarnya dan kemudian mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menciptakan suatu produk yang memiliki nilai tambah agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.Banyak sekali peluang usaha yang ada di sekitar lingkungan para wirausahawan yang dapat dimanfaatkan dalam proses memulai sebuah usaha. Salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Bisnis aneka macam makanan ringan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya saja seperti camilan makaroni gandum. Makaroni ini dihadirkan dengan berbagai jenis varian rasa yang bisa dijadkan pilihan, seperti pedas, keju, dan Balado Makaroni merupakan makanan dari Italy yang berbentuk pasta, namun saat ini makaroni telah diolah menjadi camilan yang memiliki banyak rasa yang disesuaikan dengan selera masyarakat. Selain itu camilan makaroni ini dijual dengan harga yang terjangkau. digemari oleh masyarakat.  

1.2  Tujuan
1.2.1  Tujuan Pendirian Usaha

Usaha ini saya dirikan agar para konsumen dapat membeli makaroni pedas dengan varian rasa yang mereka inginkan. Selain itu  dengan adanya makaroni gandum ini menjadi peluang bagi saya untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis, agar meraih keuntungan yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

1.2.2 Tujuan Pembuatan Proposal
         Proposal yang saya buat ini bertujuan untuk :
     1. Sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan.
     2.  Untuk menambah pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.

1.3  Manfaat
 Proposal ini dibuat agar bermanfaat untuk :
   1. Membantu saya mengembangkan usaha yang sedang saya jalankan.
   2. Membantu saya untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang sedang saya
        jalankan.
   3. Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan usaha yang sedang saya
         jalankan kepada pihak lain.

  1.4   Profil Organisasi
Nama Usaha: Makaroni Pedas
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: Jalan KH.Hasyim Ashari, Pinang-Kunciran,Tangerang
Pemilik:  Muhammad Fahruroji

1.5  Visi, misi dan tujuan
       a.       Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
       b.      Misi
•         Memberikan kualitas yang terbaik.
•         Memberikan pelayanan yang terbaik
       c.       Tujuan Usaha
•         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
•         Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
•  Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalanganmahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha




BAB II
ANALISIS USAHA

1.1 Analisis SWOT
Dalam program ini analisis peluang usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Adapun analisis SWOT yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Strenght (kekuatan yang mendukung usaha)
    a. Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan pelajar juga masyarakat
              pada umumnya dari semua kalangan.
    b. Penampilan dan rasa cukup menarik.
2. Weakness (kelemahan yang menghambat usaha)
          a. Produknya mudah ditiru
    b. Terbatasnya modal.
    c.  Pemasarannya masih dalam lingkup kecil.
3. Opportunity (Peluang dapat ditemukan)
    a. Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk
               memasarkan produk.
    b. Permintaan pasar yang semakin meningkat. Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-
              anak, dewasa maupun orang tua.
4. Threat ( Ancaman usaha )
     a. Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang harga lebih murah.
     b. Munculnya produk baru yang lebih unggul.





BAB III
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Rencana usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan. Tujuannya selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat meringankan beban orang tua sehingga tidak perlu membiayai uang saku.

3.1  Penetapan Pemasaran
3.1.1 Product (Produk)
Produk ini merupakan pengembangan dari pengolahan makaroni sebagai bahan pangan menjadi makanan ringan. “Makaroni Pedas” memiliki beberapa variasi rasa, yaitu:
a.       “Makaroni kering Pedas Original”
b.       “Makaroni kering Pedas Keju”
c.       “Makaroni Kering Pedas Balado”

3.1.2     Price (Harga)
Makaroni gandum ini dijual dengan harga Rp 7000 – Rp 8000 per unit. Penentuan harga Rp 7000 – Rp 8000 per unit dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk makaroni pedas ini adalah mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan harga beli dari pemasok, sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.

3.1.3     Place (Tempat/Lokasi Produksi)
Tempat diadakannya penjualan kepada konsumen adalah di lokasi kampus, luar kampus dan tempat-tempat umum lainnya.

3.1.4     Promotion (Promosi)
Di awal usaha, saya membuat promosi dengan menawarkan harga miring atau discount untuk setiap pemesanan dan memberikan sample dari makanan tersebut.

3.1.5    Aspek Permodalan
Dalam proses usaha yang saya buat ini, saya membutuhkan modal awal usaha sebesar Rp 200.000. Semoga modal  ini cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha saya.

3.1.6    Perhitungan Laba
Laba dari produk yang ditawarkan untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp 40.000 – Rp 150.000 tergantung dari berapa banyak barang yang terjual.




BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang. Usaha di bidang makanan ringan ini memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan isi makanan ringan semakin meningkat. Sasaran utama konsumen makaroni gandum yaitu mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan.



1 komentar: