PROPOSAL BISNIS "MAKARONI PEDAS"
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Mengingat pentingnya
perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyaraka di tuntut
agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan
mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga,
maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor
tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi
dalam mencari pekerjaan.
Seorang wirausahawan
harus pandai dalam melihat peluang yang berada di lingkungan sekitarnya dan
kemudian mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menciptakan suatu
produk yang memiliki nilai tambah agar dapat menarik minat konsumen untuk
membeli produk yang dihasilkan.Banyak sekali peluang usaha yang ada di sekitar
lingkungan para wirausahawan yang dapat dimanfaatkan dalam proses memulai
sebuah usaha. Salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Bisnis aneka macam
makanan ringan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya
saja seperti camilan makaroni gandum. Makaroni ini dihadirkan dengan berbagai
jenis varian rasa yang bisa dijadkan pilihan, seperti pedas, keju, dan Balado Makaroni merupakan makanan dari Italy yang berbentuk pasta, namun saat
ini makaroni telah diolah menjadi camilan yang memiliki banyak rasa yang
disesuaikan dengan selera masyarakat. Selain itu camilan makaroni ini dijual
dengan harga yang terjangkau. digemari oleh masyarakat.
1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Pendirian Usaha
Usaha ini saya dirikan
agar para konsumen dapat membeli makaroni pedas dengan varian rasa yang mereka
inginkan. Selain itu dengan adanya makaroni gandum ini menjadi peluang
bagi saya untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis, agar
meraih keuntungan yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan bagi
masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
1.2.2 Tujuan Pembuatan Proposal
Proposal
yang saya buat ini bertujuan untuk :
1. Sebagai
tugas mata kuliah Kewirausahaan.
2. Untuk
menambah pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.
1.3 Manfaat
Proposal ini
dibuat agar bermanfaat untuk :
1. Membantu saya
mengembangkan usaha yang sedang saya jalankan.
2. Membantu saya untuk
berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang sedang saya
jalankan.
jalankan.
3. Sebagai alat komunikasi
dalam memaparkan dan meyakinkan usaha yang sedang saya
jalankan kepada pihak lain.
jalankan kepada pihak lain.
1.4 Profil Organisasi
Nama Usaha: Makaroni Pedas
Jenis Usaha: Kuliner
Alamat: Jalan KH.Hasyim
Ashari, Pinang-Kunciran,Tangerang
Pemilik: Muhammad
Fahruroji
1.5 Visi, misi
dan tujuan
a.
Visi
Menciptakan sebuah
usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b.
Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
c.
Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang
sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu
pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam
berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalanganmahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
BAB II
ANALISIS USAHA
1.1 Analisis SWOT
Dalam program ini
analisis peluang usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Adapun
analisis SWOT yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Strenght (kekuatan
yang mendukung usaha)
a.
Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan pelajar juga
masyarakat
pada umumnya dari semua kalangan.
pada umumnya dari semua kalangan.
b.
Penampilan dan rasa cukup menarik.
2. Weakness (kelemahan
yang menghambat usaha)
a. Produknya mudah ditiru
b.
Terbatasnya modal.
c. Pemasarannya masih dalam lingkup kecil.
3. Opportunity
(Peluang dapat ditemukan)
a.
Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk
memasarkan produk.
memasarkan produk.
b.
Permintaan pasar yang semakin meningkat. Banyak diminati setiap orang dari
mulai anak-
anak, dewasa maupun orang tua.
anak, dewasa maupun orang tua.
4. Threat ( Ancaman
usaha )
a. Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang harga lebih murah.
b. Munculnya produk baru yang lebih unggul.
BAB III
GAMBARAN UMUM RENCANA
USAHA
Rencana usaha ini
awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan. Tujuannya selain ingin
mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat
meringankan beban orang tua sehingga tidak perlu membiayai uang saku.
3.1 Penetapan Pemasaran
3.1.1 Product (Produk)
Produk ini merupakan
pengembangan dari pengolahan makaroni sebagai bahan pangan menjadi makanan
ringan. “Makaroni Pedas” memiliki beberapa variasi rasa, yaitu:
a.
“Makaroni kering Pedas Original”
b.
“Makaroni kering Pedas Keju”
c.
“Makaroni Kering Pedas Balado”
3.1.2 Price
(Harga)
Makaroni gandum ini
dijual dengan harga Rp 7000 – Rp 8000 per unit. Penentuan harga Rp 7000 – Rp 8000
per unit dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk makaroni pedas ini
adalah mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual
yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan. Harga
tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan harga beli dari pemasok,
sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.
3.1.3 Place
(Tempat/Lokasi Produksi)
Tempat diadakannya
penjualan kepada konsumen adalah di lokasi kampus, luar kampus dan
tempat-tempat umum lainnya.
3.1.4 Promotion
(Promosi)
Di awal usaha, saya
membuat promosi dengan menawarkan harga miring atau discount untuk setiap
pemesanan dan memberikan sample dari makanan tersebut.
3.1.5 Aspek Permodalan
Dalam proses usaha
yang saya buat ini, saya membutuhkan modal awal usaha sebesar Rp 200.000.
Semoga modal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha saya.
3.1.6 Perhitungan Laba
Laba dari produk yang
ditawarkan untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp 40.000 – Rp 150.000
tergantung dari berapa banyak barang yang terjual.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui
terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang
didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran
produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga
usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha ini tidak
memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.
Usaha di bidang makanan ringan ini memberikan peluang pasar yang sangat luas.
Sekarang permintaan konsumen akan isi makanan ringan semakin meningkat. Sasaran
utama konsumen makaroni gandum yaitu mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah
ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu
memperlancar proses penjualan.
materi yang cukup menarik Kak, terimakasih atas infonya...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Terbaik